Jumat, 30 Agustus 2019

Lakukan dengan Benar Pertama Kali - Panduan Bisnis Kecil untuk Pemilihan Perangkat Lunak


Apa yang Dibeli - Itulah Pertanyaannya

Keputusan membeli adalah esensi kehidupan di abad ke-21 yang didorong oleh perdagangan. Dari keputusan sehari-hari seperti memilih makan siang dari menu restoran, untuk mendapatkan mobil baru, hingga akuisisi perusahaan besar, sebagian besar waktu kita dihabiskan untuk "membeli".

Dan pilihan-pilihan ini sama sekali tidak sederhana. Setiap pemasar mengaku sebagai satu-satunya juara hak-hak konsumen kami dan memukuli kami dengan pesan-pesan iklan yang memikat, tentang



bagaimana barang mereka adalah "yang terbaik". Seduktif pesan ini, tidak ada produk atau layanan proposal software bisnis yang persis sama. Perbedaannya mungkin mencolok - bahwa "lebih baik vs lebih buruk", atau tradeoff halus antara harga, kualitas, set fitur, layanan pelanggan, atau daya tahan.

Karena itu penting untuk menjaga kecerdasan kita & mengembangkan pendekatan sistematis untuk keputusan pembelian. Pandangan kami harus luas & berpandangan jauh ke depan, daripada hanya membeli berdasarkan apa yang langsung terlihat. Keputusan yang tergesa-gesa membuat kami memiliki fitur mencolok yang tidak pernah digunakan, atau tagihan perbaikan produk yang murah.

Contoh yang baik dari pendekatan sistematis adalah ketika Anda membeli mobil. Banyak faktor dipertimbangkan & ditimbang, yang berdampak pada pemilik untuk dekade berikutnya. Ini termasuk merek, kinerja vs. gaya, harga, keselamatan, persyaratan keuangan, jarak tempuh, perawatan, nilai jual kembali & begitu banyak faktor lainnya.

Memilih Perangkat Lunak

Dalam realitas modern "kabel" baru kami, perangkat lunak tidak kalah pentingnya dengan produk & layanan dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik itu program email pribadi, perangkat lunak obrolan untuk koneksi instan, perangkat lunak kolaborasi untuk mengatur karyawan yang tersebar, atau implementasi ERP untuk mengelola proses perusahaan - tidak ada yang selamat tanpa mereka!

Tapi kami agak lebih terbiasa membeli produk & layanan daripada perangkat lunak, yang merupakan fenomena yang relatif baru. Dalam banyak hal, memilih perangkat lunak tidak berbeda dengan memilih produk atau layanan. Meskipun tidak berwujud, perangkat lunak, juga menangani kebutuhan yang sangat nyata, yang sering bergantung pada kesuksesan pribadi & profesional. Secara alami, beberapa faktor pembelian yang sama berlaku - biaya merek, layanan, & pemeliharaan.

Terlepas dari kejelasan yang menggurui di atas, pemilihan perangkat lunak adalah zona abu-abu; arena terbelakang. Ini menyumbang tingginya insiden "rak peralatan" - perangkat lunak yang dibeli dengan niat besar, tetapi berakhir di rak berdebu. Ini karena tidak seperti produk & layanan, tidak secara intuitif terbukti bahwa perangkat lunak memiliki "siklus hidup" & perlu "dipertahankan", "diperbarui", & "diperbaiki".

Karena itu, pembelian dilakukan berdasarkan apa yang segera memenuhi fitur teknis mata. Kesalahan ini dapat dimengerti, karena fitur teknis didokumentasikan dengan baik & diiklankan, & mudah bagi pembeli untuk digunakan sebagai kriteria keputusan. Tetapi dengan pendekatan ini, faktor-faktor yang sama relevan, tetapi tidak begitu jelas, ditinggalkan. Diperlukan beberapa penelitian & pemikiran serius untuk mengukur faktor-faktor "tersembunyi" ini.

Faktor-faktor Kunci Yang Perlu Dipertimbangkan

1) Sejarah & Pengalaman Perusahaan

Vendor perlu diukur sebelum kita mempertimbangkan perangkat lunak itu sendiri. Latar belakang perusahaan sangat penting karena, tidak seperti perusahaan tradisional, perusahaan perangkat lunak seringkali kecil, & sering melampaui batas negara. Karena perusahaan-perusahaan ini kemungkinan akan menangani data sensitif kami, kami perlu melakukan pemeriksaan latar belakang. Beberapa pertanyaan terkait adalah:

Berapa Lama Mereka Telah Sekitar?

Seperti dalam kebanyakan kasus, kita dapat mengasumsikan bahwa catatan masa lalu adalah indikator yang baik untuk kinerja masa depan. Pertanyaan penting adalah - Berapa lama mereka sudah ada? Sudah berapa lama mereka di lapangan? Jika mereka menawarkan perangkat lunak kolaborasi bisnis, sudahkah mereka berada di industri ini cukup lama? Sekalipun perangkat lunaknya baru, apakah mereka memiliki pengalaman mengembangkan perangkat lunak terkait?

Apa Niche Mereka?

Apakah perusahaan mengetahui ceruk Anda dengan cukup baik untuk mengetahui kebutuhan Anda? Jika Anda adalah bisnis kecil / menengah, perusahaan yang melayani Fortune 500 bukan untuk Anda. Jika Anda bekerja dari rumah, tidak mungkin solusi melayani kantor besar akan memenuhi kebutuhan Anda.

The Ultimate Testament - The Customer

Hakim utama perangkat lunak adalah penggunanya. Untuk mendapatkan gambaran yang benar, penting untuk melihat bagaimana pelanggan menggunakan perangkat lunak & apa komentar mereka. Apakah situs mereka menyertakan daftar atau halaman klien? Periksa apa yang dikatakan pelanggan di bawah testimonial, atau Anda bahkan dapat menghubungi pelanggan sendiri untuk mendapatkan komentar.

Bahaya

Ada hal-hal tertentu tentang industri perangkat lunak yang harus diwaspadai oleh pembeli. Startup perangkat lunak memiliki rentang hidup yang lebih pendek daripada perusahaan tradisional & naik tinggi pada gelombang kesuksesan, tetapi "pop" ketika gelembung industri meledak. Ini dicontohkan oleh "dot com burst" tahun 2000. Apakah serentetan perusahaan "Web 2.0" saat ini merupakan gelembung ekspansi lain yang pasti akan meledak masih dapat diperdebatkan, tetapi masuk akal untuk waspada & bertaruh uang Anda pada perusahaan yang dapat diandalkan dengan terbukti rekam jejak.

2) Biaya

Tidak dapat disangkal pentingnya efektivitas biaya dalam membeli keputusan secara menyeluruh. Namun biaya harus dilihat dalam perspektif yang luas, karena biaya masuk yang rendah dapat mengakibatkan total biaya yang lebih tinggi sepanjang masa pakai produk.

Fitur vs. Harga

Analisis biaya-manfaat masuk akal, & biaya perlu dibandingkan dengan berbagai fitur & fungsi perangkat lunak. Sistem manajemen dokumen mungkin bukan yang termurah, tetapi mungkin memungkinkan Anda untuk juga membuat kantor virtual. Pergi untuk banyak fitur juga merupakan jebakan, karena pengguna tidak pernah menggunakan setengah dari mereka.

Kebutuhan vs Harga

Pertanyaan lain adalah apakah ada tumpang tindih antara fitur & kebutuhan sama sekali. Banyak fitur yang mungkin tidak berhubungan dengan kebutuhan yang ingin ditangani. Anda harus mendefinisikan dengan jelas kebutuhan Anda, & mengklasifikasikan fitur sebagai "fitur yang dibutuhkan" & "fitur yang tidak diperlukan". Skema lain yang memungkinkan untuk mengklasifikasikan fitur dapat "harus dimiliki", "menyenangkan untuk dimiliki", & "persyaratan di masa depan".

3) Kemudahan Penggunaan / Adopsi

Kurva adopsi & pembelajaran terlibat dengan setiap pembelian perangkat lunak baru. Itu perlu diintegrasikan dengan sistem & perangkat lunak saat ini, & pengguna akhir harus dibawa ke kecepatan menggunakannya. Jika perangkat lunak chunky & terlalu kompleks, resistensi adopsi dapat terjadi.

Kemudahan penggunaan

Perangkat lunak harus memiliki antarmuka yang intuitif, & penggunaan fitur harus cukup jelas. Semakin pendek kurva belajar melatih pengguna baru, semakin baik. Perangkat lunak juga harus memiliki kemampuan untuk dengan mudah masuk ke dalam sistem yang ada dengan mana ia harus berkomunikasi. Misalnya, perangkat lunak kolaborasi mungkin memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa fitur dari Outlook Anda sendiri atau bahkan berbagi data Outlook.

Adopsi

Untuk mendapatkan ukuran "rak perangkat", yaitu, perangkat lunak yang dibeli tetapi tidak pernah digunakan, beberapa studi mematok jumlah solusi manajemen konten rak pada 20-25%. Dengan biaya satu juta dolar per implementasi, rak itu cukup mahal! Menurut penelitian lain di AS, 22% dari lisensi portal perusahaan yang dibeli (ERP) tidak pernah digunakan.

Tidak diragukan lagi, "Shelfware" adalah hasil dari keputusan pembelian yang dipikirkan dengan buruk. Studi-studi ini dengan jelas menggarisbawahi pentingnya melakukan pembelian berpendidikan. Salah satu cara yang mungkin untuk melindungi terhadap rackware adalah konsep baru perangkat lunak sebagai layanan (SAAS) perangkat lunak yang di-host. Perangkat lunak di-host oleh pengembangnya, & pembeli harus membayar berlangganan bulanan, yang dapat mereka pilih kapan saja.

Mendukung

Tidak peduli seberapa bagus suatu perangkat lunak, pasti ada saat-saat ketika seseorang tidak dapat menemukan cara untuk mengerjakan fitur tertentu atau kesalahan muncul. Beberapa solusi perangkat lunak mungkin mengharuskan Anda untuk mempekerjakan staf pendukung khusus Anda sendiri, sementara yang lain mungkin mudah digunakan, dan tidak ada staf khusus yang diperlukan, dan yang lain mungkin menawarkan dukungan gratis. Biaya mempekerjakan staf pendukung perlu diperhitungkan dalam keputusan pembelian.

Dukungan penyedia mungkin dalam bentuk dukungan manusia hidup, atau mesin bantuan otomatis. Dalam kasus bantuan manusia, kualitas solusi, ketersediaan & pelaksanaan eksekutif dukungan penting. Dukungan juga dapat dalam bentuk mesin bantuan yang didokumentasikan secara luas, atau informasi bantuan yang luas di situs perusahaan. Bentuk dukungan ini seringkali lebih cepat & efisien daripada bantuan manusia.

Latihan

Pelatihan adalah bentuk dukungan lain yang patut mendapat perhatian khusus. Seminar pelatihan gratis atau avatar baru mereka - webinar (seminar online) - sangat membantu meningkatkan kecepatan dengan perangkat lunak tanpa biaya tambahan. Dalam beberapa kasus perusahaan mungkin menawarkan pelatihan berbayar, yang mungkin penting, & karenanya biaya ini perlu diperhitungkan dalam keputusan pembelian.

Pemeliharaan

Biaya pemeliharaan & upaya memiliki dampak besar pada kinerja & kemampuan mengadopsi perangkat lunak, & karenanya membentuk kriteria penting dari keputusan pembelian. Dalam hal perangkat lunak di-host di ujung perusahaan, sangat penting bahwa perangkat lunak tersedia secara online setiap saat, atau "uptime". Uptime tercakup dalam "perjanjian tingkat layanan" & berkisar dari 98% hingga 99,99%. Uptime minimum 99% adalah apa yang harus dicari.

Pemeliharaan perusahaan juga penting. Upaya untuk terus meningkatkan perangkat lunak menggarisbawahi komitmen untuk menyediakan layanan berkualitas. Apakah bug diperbaiki dengan segera & berkelanjutan? Apakah mereka hanya merilis perangkat lunak & tidak memperbarui? Seseorang harus mengembangkan kebiasaan mengikuti buletin perusahaan, catatan rilis atau bagian "apa yang baru" di situs mereka. Nawala berkala & bagian "apa yang baru" merupakan indikasi perusahaan yang dinamis.

4) Keakraban

"Rasa" dari perangkat lunak adalah kriteria penting lainnya. Perangkat lunak harus mengikuti skema tata letak & navigasi dasar yang biasa kita gunakan. Ini membuat transisi lebih cepat.

Salah satu cara yang baik adalah membandingkan dengan OS di mana kita akan menggunakan perangkat lunak. Apakah ia memiliki skema dasar yang sama dengan lingkungan OS? Perangkat lunak dengan skema Mac pada Windows tidak akan bekerja dengan baik. Atau kita dapat membandingkannya dengan perangkat lunak lain yang biasa kita gunakan. Jika Anda beralih ke solusi berbiaya rendah dari yang mahal, memilih perangkat lunak dengan "rasa" yang serupa akan masuk akal. Apakah ia mempertahankan sebagian besar fitur utama yang biasa Anda gunakan?

5) Keamanan

Keamanan adalah pertimbangan utama karena perusahaan perangkat lunaknya kemungkinan akan menangani informasi penting bagi kami - bisnis, keuangan, atau pribadi. Kita harus yakin dengan keamanan data kita & tidak ada risiko dikompromikan. Ini perlu penelitian, & ekstensi yang tergantung pada sensitivitas data kami.

Fitur keamanan apa yang dimiliki penyedia?

Enkripsi, atau pengkodean informasi, digunakan oleh sebagian besar perusahaan untuk melindungi integritas informasi klien mereka. Ada berbagai jenis enkripsi, yang masing-masing dikaitkan dengan tingkat keamanan yang berbeda. DAS adalah satu, dulu populer tetapi sekarang dikenal memiliki celah. Enkripsi 128-bit SSL dikaitkan dengan keamanan kedudukan tertinggi. Perlindungan kata sandi adalah aspek penting lainnya. Apakah perangkat lunak ini dilengkapi untuk menahan upaya manual & otomatis untuk meretas kata sandi Anda? Kemampuan sistem untuk mendeteksi upaya peretasan & mengunci waktu adalah penting.

Cadangan data

Dalam kasus ekstrim kerusakan sistem yang disebabkan oleh kebakaran fasilitas, bencana alam atau kesalahan teknis dll, penting bahwa data Anda sering & cukup didukung. Pencadangan data harus sering & memadai.

Faktor-faktor tertentu harus dipertimbangkan dalam praktik pencadangan. Yang pertama adalah frekuensi backup. Jika ada jeda yang panjang, ada kemungkinan data akan hilang dalam periode intermiten. Kedua, apa pengaturan keamanan di fasilitas tempat data Anda berada? Apakah dijaga & dijaga oleh petugas keamanan? Apa perlindungan lain yang ada? Apakah ada firewall yang bagus? Apa perlindungan terhadap serangan virus? Prosedur apa yang tersedia untuk manajemen bencana?

Rekam jejak

Seperti latar belakang perusahaan, sedikit riset tentang rekam jejak keamanan masuk akal. Apakah perusahaan pernah rentan terhadap serangan sebelumnya? Apa kerugiannya? Bagaimana reaksi perusahaan? Berapa tahun perusahaan memiliki catatan bagus? Perusahaan baru akan memiliki catatan bersih, tetapi itu tidak selalu mengindikasikan keamanan yang baik.

Sistem Server

Sistem server tempat data sensitif sebenarnya terletak sangat penting. Apakah itu canggih? Infrastruktur server dapat dimiliki oleh penyedia perangkat lunak sendiri atau diserahkan ke perusahaan khusus yang menyediakan solusi hosting. Hosting outsourcing adalah hal yang baik karena perusahaan hosting memiliki keahlian & infrastruktur yang luas untuk keamanan, & ini membebaskan penyedia perangkat lunak untuk berkonsentrasi pada perangkat lunak itu sendiri. Perusahaan mungkin tidak memiliki pengaturan yang rumit sama sekali, menjalankan perangkat lunak & memproses data melalui komputer yang diatur di garasi di suatu tempat bertindak sebagai server. Ini akan membuat alarm Anda berbunyi!

Kesimpulan - Pendekatan Seleksi sistematis

Sekarang kita telah membahas semua faktor yang relevan secara rinci & memiliki perspektif yang lebih baik tentang subjek, penting untuk mengembangkan pendekatan sistematis untuk menganalisis faktor-faktor ini.

Faktor-faktor apa yang penting bagi saya?

Meskipun semua faktor di atas relevan, kepentingan relatif mereka mungkin berbeda dari pelanggan ke pelanggan. Untuk perusahaan dengan kantong besar, harga lebih rendah dalam daftar. Untuk perusahaan yang menggunakan perangkat lunak kolaborasi untuk memproses informasi bisnis, keamanan adalah prioritas utama. Sekali lagi jika suatu solusi membentuk bagian penting dari bisnis perusahaan, penting untuk mengintegrasikannya dengan baik dengan sistem yang ada. Untuk industri yang dinamis seperti real estat, waktu pelatihan singkat adalah penting.

Kenalilah Perangkat Lunak-Mu

Dengan langkah ini Anda akan memilih perangkat lunak. Tapi itu masih belum berakhir. Untuk semua teori kami & meneliti, perangkat lunak masih harus lulus ujian terberatnya. Sebagian besar perangkat lunak memungkinkan Anda masa uji coba gratis. Sebaiknya gunakan periode ini untuk menganalisis ulasan software forex dengan serius.

Penting untuk tetap fokus selama periode pengujian ini karena dampaknya akan bertahan lama. Ikuti perencanaan yang sistematis. Identifikasi tujuan & kebutuhan, kembangkan rencana pengujian, susun jadwal dan tunjuk orang-orang dari berbagai departemen untuk mencoba fitur yang berbeda. Tetapkan tanggung jawab & tujuan sehingga penguji mengambil pekerjaan mereka dengan serius.

KEPUTUSAN!

Jangan ragu untuk membebani perusahaan untuk membuktikan diri. Biarkan perusahaan membuktikan kepada Anda fitur yang tampaknya penting bagi Anda. Misalnya, jika keamanan sangat penting, minta perusahaan untuk menampilkan bagaimana solusi mereka mendapat skor tinggi pada keamanan. Jangan ragu menghubungi mereka jika Anda memiliki pertanyaan.

Uji tingkat layanan mereka untuk melihat apakah itu memenuhi janji mereka. Jika Anda mengirimkan tiket, apakah segera ditanggapi? Apakah solusi yang baik diberikan? Jika masalahnya memerlukan bantuan langsung, apakah Anda mendapatkannya dengan cukup cepat? Ketika Anda menelepon dengan masalah, apakah itu orang langsung atau pesan otomatis yang Anda ajak bicara?

Ini seluas yang Anda bisa menganalisis perangkat lunak. Anda cukup berpendidikan untuk membuat pilihan yang kemungkinan besar tidak akan mengecewakan Anda. Anda pasti tidak akan kecewa dengan keputusan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.